Petahana Tamsil Linrung Mantapkan Niat Kembali Maju Calon Senator

AKSESPUBLIK, Makassar–Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan daftar calon tetap (DCT) anggota DPR RI dan anggota DPD RI pada Jumat (3/11/2023) kemarin. Untuk level DPD RI daerah pemilihan Sulsel, total ada 18 calon yang bertarung.

Nomor urut calon anggota DPR RI, diurutkan berdasarkan abjad. Di Sulsel, tiga dari empat petahana kembali maju bertarung. Yakni Andi Muh Ihsan nomor urut 9, Lily Amelia Salurapa (14) dan Tamsil Linrung nomor urut 18.

Adapun satu petahana lainnya, Ajiep Padindang maju bertarung kursi DPR RI di Dapil Sulsel I melalui Partai Golkar. Bagi Tamsil Linrung, ini periode kelimanya bertarung kursi Senayan. Sebelumnya ia tiga periode menjabat anggota DPR RI, dan satu periode senator DPR RI.

“Insyaallah kami kembali maju dan berbakti utuk masyarakat, saya nomoe 18,” kata Tamsil Linrung. Ia adalah politisi berlatar aktivis mahasiswa. Pria kelahiran Pangkep 17 September 1961 menghabiskan masa mudanya dengan aktif berorganisasi.

Di bangku kuliah, Tamsil Linrung tampil sebagai aktivis mahasiswa pada masa pemerintahan Orde Baru. Ia pernah dipercaya menjabat Ketua Umum Senat Mahasiswa FPIPS-IKIP Ujung Pandang. Sekretaris Umum Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Makassar periode 1983-1984.

Selanjutnya Ketua Umum LDMI Cabang Makassar 1984 sampai 1985, lalu Ketua Umum PB Himpunan Mahasiswa Islam MPO 1988 sampai 1990. Selepas kuliah, ketika teman-teman kampusnya sebagian besar menjadi guru, Tamsil Linrung memilih bidang politik sebagai kariernya.

Pada awal reformasi, ia bergabung jadi kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan terpilih menjadi anggota DPR RI pada Pemilu 2004, 2009, dan 2014. Lalu pada Pemilu 2019 lalu ia maju sebagai calon DPD RI dan terpilih dengan meraih 455.137 suara.

Adapun basis pendukung tebesar ada di Kota Makassar, Pangkep, Maros, Barru dan Parepare. Bila Tamsil yang dari anggota DPR RI memilih bertarung di DPD, sebaliknya tiga nama yang sebelumnya adalah anggota/pernah menjabat DPD RI memilih bertarung sebagai Anggota DPR RI.

Yakni Ajiep Padindang yang maju di Dapil Sulsel 1 Partai Golkar, AM Iqbal Parewangi (PKS) dan Bahar Ngitung (PKB) yang sama-sama maju di Dapil Sulsel 1. Sebelumnya, Iqbal menyampaikan fokus bertarung sebagai calon legislatif lantaran permintaan konstituen dan desakan timnya.

“Apalagi ada kewenangan riil yang dimiliki anggota DPR RI, tidak seperti menjadi senator,” kata Iqbal. (nanu)

Comment